Yuk, Sulap Barang Bekas Kamu jadi Barang yang Berguna!

Untuk setiap manusia pastinya memiliki segudang barang yang beraneka ragam mulai dari barang – barang rumah tangga, barang primer sandang seperti pakaian, sepatu, tas dan sebagainya. Tentunya jika kita menyimpannya secara terus menerus maka akan menumpuk dan bahkan memenuhi rumah kita. Selain itu untuk barang-barang yang sudah tidak lagi dipakai bisa menjadi timbunan sampah yang tak berguna. Jika kita hitung setiap harinya sampah-sampah itu akan terus bertambah di setiap individu. Apalagi untuk barang-barang bekas seperti plastic-plastik bekas kemasan, botol, ataupun kantong plastic bekas belanjaan.

Banyak orang yang malas dengan barang-barang bekas yang sudah tak bisa digunakan lagi. Mereka biasanya memandang sebelah mata dan menyepelekannya kemudian membuangnya begitu saja. Ataupun bahkan jual barang bekas yang mereka miliki dengan harga rendah. Padahal jika kita dapat sedikit berkreasi dan berinovasi, maka barang-barang bekas yang biasa kita buang itu bisa menjadi sesuatu barang yang bernilai dan bermanfaat sehingga dapat digunakan dalam keseharian kita.

Memanfaatkan Barang bekas Menjadi barang multifungsi

Barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi bisa sedikit Anda manfaatkan untuk menjadi barang yang lebih berguna dengan membutuhkan kekreatifan dari imajinasi Anda. Sebelum Anda berpikiran jual barang bekas ataupun membuangnya begitu saja. Alangkah baiknya Anda menyortir terlebih dahulu, barang – barang bekas tersebut apakah betul – betul tidak bisa di fungsikan lagi. Anda bisa memilih terlebih dahulu barang yang menurut Anda bisa dikreasikan dengan merubah bentuk supaya bisa bermanfaat dan menjadi barang yang multifungsi.

Tips Merubah Barang Bekas Menjadi Berfungsi

  • Kaleng Bekas Susu

Kaleng Susu yang Anda miliki tentunya jika sudah habis maka Anda akan segera membuang nya begitu saja. Akan tetapi sekarang Anda jangan membuang nya terlebih dahulu. Kaleng bekas susu yang sudah tidak terpakai lagi sebenarnya bisa Anda fungsikan lagi menjadi barang yang lebih berguna seperti untuk tempat pensil ataupun menaruh benda-benda lainnya. Anda bisa merubah tampilan kaleng bekas itu dengan sedikit hiasan di pinggirnya dengan menggunakan kertas atau pita-pita yang lucu sehingga kaleng bekas susu itu berubah menjadi barang yang lebih berfungsi dengan tampilan yang lucu.

  • Botol Bekas

Tentunya Anda memiliki botol-botol bekas dari sirup, kecap atau saus. Botol-botol yang sudah habis isinya dan tidak digunakan lagi biasanya menumpuk di pojokan rumah ataupun digudang. Biasanya mereka yang malas menyimpannya segera mengumpulkan botol-botol bekas itu kemudian menjualnya. Jual barang bekas memang sedikit menguntungkan walaupun harga nya tergolong rendah. Sekarang ada baiknya sebelum Anda menjualnya, Anda bisa memanfaatkan botol itu dengan merubahnya menjadi vas bunga. Dengan sedikit kreativitas botol itu bisa difungsikan lagi untuk mempercantik ruangan Anda dengan menaruh bunga di botol tersebut sebagai hiasan.

  • Botol plastic bekas.

Bagi wanita tentunya Anda memiliki segudang make up untuk keperluan sehari-hari. Tentunya Anda tidak bisa merapikan alat make up Anda jika Anda tidak memiliki tempat khusus yang tepat. Jika Anda memiliki botol bekas plastic yang berwarna warni ada baiknya Anda memotongnya dan sedikit merubah bentuknya menjadi tempat make up Anda. Selain menjadi tempat make up Anda bisa menggunakannya menjadi tempat peralatan mandi seperti ikat gigi ataupun pasta giginya. Karena botol –botol ini terbuat dari plastic maka Anda bisa menggunakannya di tempat yang basah sekalipun seperti kamar mandi. Anda bisa menyulap botol plastic itu menjadi tempat yang lucu dengan hiasan-hiasan yang ditempelkan di sekitar botol plastic tersebut.

Botol plastic yang berwarna warni memang sangat sayang jika Anda buang begitu saja. Dilihat dari bentuk dan warnanya saja sebenarnya sudah membuat Anda ingin menyimpannya. Akan tetapi jika disimpan saja tidak bisa menambah nilai dari botol plastic tersebut. Botol plastic bekas ini yang berwarna warni cocok sekali untuk menghias rumah Anda. Selain menjadi vas bunga, botol bekas ini bisa Anda kreasikan dengan menjadikannya hiasan dinding.

Pertama, pastikan Anda bersihkan terlebih dahulu botolnya dari kotoran ataupun bau bekas dari isi botol itu. Kemudian tempelkan kertas atau label yang bercorak atau bergambar di antara botol itu, supaya terlihat batas ketinggian dari botol itu. Tambahkan cat di bagian bawah ataupun atas sesuai dengan batas plester tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Kemudian botol yang sudah berwarna itu Anda bisa menaruhnya di papan yang ditempelkan pada dinding rumah Anda. Maka dinding Anda terkesan lebih hidup dan berwarna dengan adanya botol hias tersebut.

  • Roll Bekas Tissue Toilet

Roll bekas tissue toilet yang terbuat dari kardus tipis biasanya hanya dibuang saja dan juga tidak bisa dijual lagi. Akan tetapi Anda bisa memanfaatkannya lagi menjadi barang yang lebih berguna lagi. Misalnya jika Anda memiliki snack atau makanan kecil seperti coklat, biscuit atau wafer. Anda bisa memasukkannya ke dalam roll bekas tissue tersebut dan menutup nya lebih rapat. Apalagi buat Anda yang ingin memberikan makanan ringan itu untuk teman, sahabat, kerabat ataupun anak kecil yang menyukai hal-hal sepele tetapi lebih berkesan. Ketika Anda memberikannya dalam bentuk bungkusan yang rapi maka akan lebih menarik, tentunya Anda tambahkan pita untuk mengikat dan mempercantik tampilan dari roll bekas tissue tersebut.

Selain bisa digunakan untuk mengemas makanan ringan, roll bekas tissue juga memiliki manfaat lainnya lo. Anda cukup menyiapkan perlengkapan tambahan untuk menyulapnya menjadi hiasan dinding yang cantik. Pertama Anda siapkan terlebih dahulu peralatannya seperti pipa bekas, gunting, lem putih, gambar-gambar di kertas, pensil, dan juga karton. Kemudian Anda bisa memotong pipa terlebih dahulu dan menempelkannya diatas karton, potong karton dan sesuaikan lingkaran pipanya. Kemudian tempelkan kertas yang sudah bergambar tersebut sesuai dengan keinginan Anda untuk display. Sesuaikan ukuran pipa dengan gambar yang akan Anda pasang. Setelah itu, Anda bisa menggantungkan roll karton bekas tissue yang sudah disulap menjadi hiasan itu didinding menggunakan paku.

Kini sebelum Anda memutuskan untuk membuang ataupun  jual barang bekas, yang Anda miliki dan dirasa sudah tidak berguna lagi, sebaiknya Anda pikirkan terlebih dahulu. Karena Anda bisa mendaur ulangnya menjadi lebih bermanfaat dan memiliki fungsi yang lain dengan hasil karya kekreatifanmu sendiri. Apalagi saat ini penimbunan sampah sudah kewalahan dalam mengatasi sampah yang datang setiap harinya dari semua kalangan masyarakat. Dengan Anda memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang lebih berguna, maka Anda akan sedikit mengurangi beban penimbunan sampah yang sudah tak terkontrol lagi.