Tips Memberi Harga untuk Jual Barang Bekas Secara Efektif!

Tips Memberi Harga untuk Jual Barang Bekas Secara Efektif! Menjual barang bekas seperti pakaian preloved bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan uang tunai tambahan, atau untuk merampingkan bisnis sampingan menjadi karier yang sukses secara tak terduga. Lebih baik lagi, itu tidak memerlukan investasi besar untuk memulai, dan Anda mungkin dapat menemukan apa yang Anda butuhkan di rumah dan mengacaukan kamar Anda saat Anda berada di dalamnya.

Tetapi tantangan yang datang dengan jual barang bekas adalah mencari tahu apa yang dikenakan biaya untuk itu: Tanyakan terlalu banyak, dan barang itu tidak akan pernah menjual. Tanyakan terlalu sedikit, dan Anda telah menolak keuntungan bagi diri Anda sendiri.

Jadi, bagaimana Anda memastikan barang bekas Anda dihargai dengan benar, setiap saat? Ikuti beberapa tips ini untuk cara memberi harga barang bekas Anda dan Anda akan berada di jalur yang benar:

Ketahui harga eceran saat ini

Mulailah dengan mengidentifikasi untuk apa barang itu dijual saat masih baru. Luangkan waktu Anda untuk menelusuri inventaris beberapa pengecer untuk menentukan nilai pasar. Pastikan Anda melihat model atau desain yang tepat! Di dunia sekarang ini, produk terus-menerus diubah atau diperbarui, dan nilainya bisa meroket jika produk bekas Anda tidak lagi dalam produksi atau merupakan rilis terbatas.

Tandai secara mental

Hampir semuanya kehilangan nilai setelah dibeli semula. Untuk beberapa item, terutama mobil atau elektronik, nilai pasar akan menukik begitu item tersebut tidak lagi baru. Depresiasi digunakan untuk menentukan seberapa kecil sesuatu yang digunakan bernilai dibandingkan dengan berapa biayanya ketika tidak digunakan.

Secara umum, para ahli yang menjual kembali merekomendasikan item harga setengah dari biaya asli mereka jika mereka masih cukup baru, meminta 25 persen untuk apa pun yang berusia beberapa tahun dan 10 persen untuk yang lainnya. Tentu saja ada pengecualian. Barang-barang desainer, perhiasan antik, dan barang-barang vintage semuanya cenderung meningkat nilainya dari waktu ke waktu, jadi pertimbangkan kategori barang bekas Anda sebelum menentukan label harga!

Bagaimana Tips Memberi Harga untuk Jual Barang Bekas?

Faktor dalam biaya pengiriman

Tidak mengenakan biaya yang cukup untuk pengiriman akan memakan keuntungan Anda, namun meminta terlalu banyak akan membuat pembeli enggan.

Ada beberapa cara untuk membuat biaya lebih sedikit menjadi faktor bagi pembeli:

  • Tawarkan ongkos kirim gratis dengan pesanan lebih besar atau ketika pelanggan membeli beberapa item dari Anda. Atau, tawarkan diskon ongkos kirim untuk pembeli kembali. Ini mendorong orang untuk terus berbelanja dengan Anda dan berpotensi menyebabkan penjualan tambahan yang mungkin telah hilang.
  • Nyatakan dengan jelas bahwa hanya biaya pengiriman aktual yang telah diterapkan. Tingkat transparansi ini membuat pembeli merasa bahwa mereka dapat mempercayai Anda dan bahwa Anda tidak mencoba untuk mendapatkan sedikit uang tambahan.
  • Izinkan pembeli untuk memilih jenis pengiriman yang mereka inginkan. Ini memberi mereka kendali lebih besar dan mungkin membuat harga tampak lebih dapat diterima. Selalu tambahkan nomor pelacakan sehingga mereka dapat melihat kemajuan pengiriman secara real time.

Tetapkan harga Anda tetapi tetap fleksibel

Menggunakan informasi di atas akan membantu Anda mencapai perkiraan biaya untuk semua jenis barang. Harga semua barang pada kisaran yang lebih tinggi dari perkiraan Anda. Beberapa penjual barang bekas  memberi harga barang terlalu rendah karena kemungkinan mereka akan segera menjual. Ini bagus, tetapi Anda bisa melewatkannya.