10 Peluang Bisnis Masa Depan yang Cocok Bagi Mahasiswa

Bagi seorang mahasiswa, memang tak lepas dari tuntutan belajar. Akan tetapi mahasiswa juga tidak bisa hanya mengandalkan pemberian dari orang tua saja, apalagi bagi mahasiswa perantauan yang harus sewa kamar kos dan hidup mandiri di kota lain. Beberapa dari mahasiswa memiliki ide yang kreatif untuk melakukan bisnis sebagai sampingan diluar pekerjaan utamanya kuliah. Bisnis untuk mahasiswa sendiri tak hanya sebagai penghasilan tambahan uang saku, tetapi bisa dijadikan pengalaman setelah lulus kuliah nanti.

Saat kuliah sebenarnya adalah saat yang paling tepat untuk memulai sebuah usaha atau berbisnis, karena setelah lulus nanti mereka akan menghadapi kehidupan nyata dalam dunia kerja yang sekarang ini tak mudah. Sehingga bagi mahasiswa yang memiliki tingkat kreativitas yang tinggi dan memiliki jiwa entrepreneur yang menjalankan bisnisnya maka tak pusing lagi dengan masalah keuangan. Selain itu ketika mereka lulus pun sudah memiliki bekal untuk meneruskan dan mengembangkan bisnisnya.

Menjadi Pengusaha Dimulai Dari Mahasiswa

Bagi Seorang mahasiswa tentunya menjadi kebanggaan tersendiri ketika mereka bisa menjadi mahasiswa yang berprestasi. Tak hanya itu, untuk seorang mahasiswa akan menjadi nilai plus ketika mereka bisa mempunyai manfaat diluar pekerjaan utama nya sebagai pelajar. Banyak diantara para mahasiswa yang memanfaatkan waktu luang nya untuk hal-hal yang bermanfaat seperti misalnya mencari tambahan penghasilan. Mereka akan merasa memiliki kebanggaan tersendiri ketika berhasil mendapatkan penghasilan sendiri. Dari penghasilan yang kecil sampai penghasilan yang besar yang dapat mengurangi beban orang tua. Mereka dapat memulai bisnis dari yang mudah dengan modal yang sedikit kemudian mengembangkannya menjadi usaha yang besar. Bisnis ini pun bermacam-macam, dan biasanya bisnis yang dipilih adalah bisnis yang bisa dikerjakan sebagai pekerjaan sambilan diluar jam kuliah.

Berikut Bisnis Yang Bisa Dijalankan Oleh Mahasiswa

  • Les Privat

Bisnis les privat ini sangatlah cocok bagi para mahasiswa. Karena bisnis ini masih berhubungan dengan kegiatan para mahasiswa dalam belajar. Les privat merupakan bisnis dengan cara memberikan atau mengajar anak-anak dalam mata pelajaran. Anda bisa memilih pelajaran apa dan untuk siapa peserta didiknya, seperti anak SD, SMP, SMA ataupun sesama teman kuliah dengan keahlian masing-masing seperti contohnya bahasa inggris.

  • Online Shop

Peluang usaha yang satu ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat sekarang. Pasalnya Online shop adalah bisnis yang cukup mudah dijalankan tanpa mengesampingkan pekerjaan utama, seperti belajar pada mahasiswa. Mahasiswa dapat berjualan berbagai produk seperti baju, sepatu, tas, jilbab dan kebutuhan lainnya. Sistemnya pun bermacam-macam seperti misalnya dropship bagi mereka yang tidak memiliki barang produk ready sendiri.

  • Jasa Rental

Bisnis ini cukup mudah karena sebagai mahasiswa tentunya memiliki perlengkapan yang digunakan untuk mengetik, seperti computer atau leptop. Selain itu, mahasiswa juga haruslah memiliki keahlian dalam mengetik secara cepat dan memiliki kemampuan computer lainnya.

  • Jasa Servis Komputer atau Leptop

Bagi mahasiswa leptop atau computer adalah komponen yang utama dalam menunjang perkuliahan. Sehingga setiap mahasiswa dituntut memang memiliki leptop atau computer sendiri. Akan tetapi dengan pemakaian yang sering maka leptop atau computer bisa terjadi kerusakan. Dan mereka tidak bisa membetulkannya. Sehingga mereka akan menggunakan jasa servis computer yang memang memiliki keahlian khusus dalam bidang ini. Sehingga Jasa servis computer ini memang sangat dibutuhkan keberadaannya di kalangan mahasiswa.

  • Jualan Makanan Ringan

Bisnis ini juga bisa dikatakan bisnis yang menjanjikan karena bagi mahasiswa yang memiliki jam kuliah berdekatan biasanya merasa lapar tetapi karna waktu yang mepet dan tempat kantin yang jauh membuat mahasiswa malas untuk membeli makanan. Hal ini bisa dijadikan lahan penghasilan bagi mahasiswa, mereka bisa menjual makanan ringan sebagai penunda lapar sementara ketika jam antara perkuliahan.

  • Berjualan Pulsa

Bisnis ini sudah menjadi barang yang lumrah di kalangan mahasiswa. Karena untuk memulai sebuah bisnis biasanya dimulai dari yang mudah dengan modal yang kecil. Untuk keuntungan sendiri memang tak banyak, tetapi jika dikelola dengan baik maka bisa mengumpulkan keuntungan yang lumayan. Selain itu juga bisnis ini banyak di cari oleh para mahasiswa karena setiap mahasiswa pasti memiliki handphone yang harus diisi ketika pulsa mereka habis.

  • Berjualan Kaos

Mahasiswa yang kreatif dan memiliki ide-ide dalam berkarya tentunya bisnis ini bisa dibilang mudah, karena mereka bisa berkreasi sesuai dengan imajinasi yang mereka miliki untuk membuat sebuah gambar yang menarik ataupun tulisan-tulisan yang menarik dan dituangkan ke sebuah kaos polos. Bisnis ini harus berhubungan dengan konveksi atau tempat sablon yang menyediakan kaos polos dan alat sablonnya.

  • Jasa Fotografi

Hobi yang satu ini bisa juga menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan. Untuk jaman sekarang untuk menjadi eksis seseorang rela merogoh kocek untuk melakukan foto. Selain untuk kepentingan pribadi, mahasiswa yang menjalankan bisnisnya banyak menggunakan jasa fotografer untuk membuat foto atau video produk dalam memasarkan produknya. Sehingga jasa fotografer cukup di butuhkan oleh para mahasiswa sekarang.

  • Jual Beli Buku-Buku Bekas

Buku-buku akademis sangat dibutuhkan oleh seorang mahasiswa. Walaupun mereka bisa meminjam di Perpustakaan kampus, tetapi tidak semua buku mata kuliah tersedia disana. Ada beberapa buku yang memang sulit dicari. Biasanya mereka mendapatkannya dari kakak tingkat mereka. Hal ini bisa dimanfaatkan bagi mereka yang mengoleksi buku mata kuliah cukup lengkap dan sudah tidak terpakai lagi. Mereka bisa menjualnya dengan harga di bawah harga baru, sehingga pembeli tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan buku yang sama ketika mereka membelinya baru.

  • Jual Barang-barang Bekas.

Selain buku-buku bekas, mahasiswa perantauan tentunya memiliki barang-barang pribadi yang cukup lengkap. Untuk mahasiswa yang sudah tidak lagi memiliki tempat untuk menyimpan barangnya, biasanya mereka bingung untuk menyimpannya. Ada baiknya barang yang masih berguna seperti baju, sepatu, tas dan barang-barang lainnya dapat Anda jual ke rekan Anda sebagai barang bekas. Barang bekas ini haruslah barang yang memiliki nilai ataupun dalam kondisi baik. Sehingga ketika dijual masih memiliki harga yang pantas dan bisa digunakan lagi oleh pembeli.